BNK Waspadai Peredaran Narkoba Ke Pelajar dan Pesantren

BADAN Narkotika Kabupaten (BNK) Pamekasan mewaspadai menyebarnya obat-obatan terlarang ke kalangan pelajar, mahasiswa serta kalangan santri Pondok Pesantren (Ponpes) di kabupaten itu.
Salah satu langkah yang dilakukan adalah menggandeng sejumlah tokoh ulama’, guru dan dosen, untuk ikut serta mengkampanyekan larangan narkotika dan dampaknya.
Sekretaris BNK Pamekasan, Alwi Beik, Mingggu (9/6), mengatakan dalam upaya menangkal peredaran narkoba di kalangan pelajar dan pesantren, pihaknya membentuk pesantren percontohan sebagai pesantren bebas narkoba. Pesantren percontohan itu adalah Ponpes Almujtama, Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan.
“Bukan berarti di pesantren lain sudah beredar obat-obatan terlarang, namun kami memilih pesantren tersebut karena ikut aktif di dalam mengkampanyekan larangan narkoba,” kata Alwi.
Selain pesantren percontohan, BNK juga membentuk kampung bebas narkoba dengan melibatkan kalangan pemuda untuk ikut melakukan kampanye. Kampung narkoba itu dibentuk sebagai upaya mempersempit ruang gerak para pengedar obat haram itu ke wilayah perdesaan dan menjadi pelopor gerakan bagi desa lainnya.
Dusun Asampetu, Desa Pademawu Timur,Kecamatan Pademawu, dipilih menjadi perwakilan kampung narkoba tingkat Jawa Timur. Kampung itu, dinilai sangat layak, mengingat hampir semua warganya menjadi pelopor pencegahan narkoba.
BNK sebelumnya menengarai merambahnya penggunaan dan peredaran narkoba ke kawasan perdesaan. Beberapa kasus penangkapan pengguna narkotika, seringkali terjadi di wilayah perdesaan.
Karenanya, dalam kampanye anti narkoba, pihaknya melibatkan semua pihak, termasuk kalangan pesantren, sekolah dan para tokoh pemuda di desa. Dengan cara itu, diharapkan peredaran narkoba dapat diminimalisir.
Beberapa waktu yang lalu, BNK sudah bertemu dengan para pelaku dakwah, tokoh ulama serta pada pendeta di Kabupaten Pamekasan. Dalam pertemuan itu dibangun kesepakatan bersama untuk ikut memerangi peredaran narkoba.

“Semua cara dan semua pihak akan kami libatkan dalam upaya kampanye anti narkoba ini,” katanya. (awa for Koran Madura)

Subscribe